KOMJAR KONEKSI 2 KOMPUTER

CARA KONEKSI 2 KOMPUTER
     Tutorial Cara Menghubungkan Dua Komputer atau Laptop - Dalam kesempatan ini Technoethnic akan share sebuah tutorial bagaimana cara menghubungkan dua komputer dengan mudah. Mungkin dengan kata lain, kita akan membuat sebuah jaringan LAN (Local Area Network). Jaringan ini berfungsi menghubungkan beberapa perangkat seperti komputer dengan jarak jangkau yang relatif kecil, kurang lebih dalam area satu ruangan.

Dan juga karena di sini kita hanya akan menghubungkan 2 buah komputer saja, jaringan ini biasa juga disebut dengan jaringan peer to peer. Jaringan ini merupakan jaringan terkecil yang ada dalam dunia networking, karena hanya menyambungkan sedikit perangkat, juga memerlukan media paling sederhana.
Namun, apa manfaat yang akan kita dapatkan dalam jaringan ini? Beberapa hal yang bisa kita rasakan dengan adanya jaringan LAN ini adalah sebagai betikut :
  • Membagi berbagai data satu sama lain.
  • Dapat bermain game bersama selama game tersebut menyediakan fitur multiplayer LAN seperti Game Counter Strike, Minecraft dan lainnya.
  • Dapat melakukan chat layaknya chatting dalam aplikasi online, namun tentu saja hanya dengan perangkat yang terhubung.
  • Bisa remote desktop computer lain, jika komputer tersebut mengalami kerusakan hardware yang parah, dan tak dapat berfungsi.
  • Dan masih banyak lainnya. 
  • Untuk kalian yang ingin mengetahui lebih tentang pengertian dan manfaat jaringan, bisa membaca artikel Technoethnic sebelumnya tentang Pengertian Jaringan dan Manfaatnya. Memang lebih baik kita mengerti teori terlebih dahulu sebagai bekal sebelum praktek, setelah kalian dapat membayangkannya mari kita menuju praktek yang nyata.
    Oke langsung saja ini dia tutorial membuat jaringan LAN atau Peer to peer, silahkan disimak.

    Alat & Bahan Membuat Jaringan

    Ada beberapa alat dan bahan yang perlu sediakan untuk membangung jaringan peer to peer, yaitu :

    2 Komputer atau Laptop

    Tentu saja ini merupakan bahan yang paling utama dalam membuat jaringan LAN ini, karena dalam konteksnya kita akan menghububgkan 2 komputer/laptop tersebut.

    1 Kabel UTP RJ45

    kabel ini bisa kalian dapatkan dalam toko-toko elektronik atau komputer terdekat, kalian dapat membelinya dalam berbagai ukuran panjang sesuai keinginan kalian, karena biasanya sang penjual akan menyediakan kabel yang belum terpasang RJ45, dengan begitu kalian bisa memesan sesuai kehendak dan nantinya sang penjual akan memasangkan Rj45 tersebut. Kabel ini tergolong sangat murah.

    Cara Menghubungkan atau Konfigurasi LAN 2 Komputer : 

    1. Colokkan kabel UTP RJ45 ke masing-masing komputer di port-nya masing-masing (hubungkan).
    2. Setelah itu, dalam salah satu komputer, masuk ke dalam control panel > Network and Internet > Network and Sharing Center (Sekedar informasi ini contoh tutorial menyambungkan 2 komputer yang semuanya berbasis OS Windows).

    tutorial-jaringan-peer-to-peer
    3. klik "Change Adapter Settings" Yang ada pada bagian kiri.
    4. Pada adapter "Local Area Network", Klik kanan lalu pilih properties

    cara-membuat-jaringan-peer-to-peer-LAN
    5. Double Klik pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IP v4).
    6. Masukan IP Address sebagai berikut 192.168.1.2 dan subnetmask 255.255.255.0

    trik-cara-menghubungkan-dua-komputer
    7. Klik OK - OK - OK sampai semua jendela pengaturan tertutup.
    8. Lakukan hal yang sama pada komputer lainnya, namun IP Address yang kita masukkan adalah 192.168.1.3 dan subnetmask nya 255.255.255.0
    9. Klik Ok seperti sebelumnya. Setelah itu kita test hasil sambungan jaringan kita dengan melakukan ping. Caranya adalah sebagai berikut :
    Pada salah satu komputer, buka CMD (Command prompt). Ketikkan ping lalu diikuti dengan ip address dari komputer yang lain. Contohnya kita akan ping dari komputer pertama dari contoh di atas, maka ketikkan "ping 192.168.1.3".

    cara-melakukan-ping-jaringan
    Jika muncul tulisan TTL, maka dapat dipastikan sambungan jaringan LAN atau peer to peer berhasil. Namun jika muncul tulisan Request Time Out atau Destination Host Unreachable, maka ada beberapa hal yang salah, entah itu dari perangkat keras seperti komputer atau kabel, atau bisa juga dari kesalahan software seperti adapter atau salah setting.
    10. Selesai. Setelah  terhubung, kalian bisa melakukan berbagai aktifitas jaringan seperti berbagi data, melakukan remote desktop, bermain game lan, dan masih banyak lainnya.
    Itulah tutorial bagaimana cara menyambungkan 2 komputer dengan mudah, yaitu dengan membuat jaringan LAN atau dalam kasus ini bisa kita sebut dengan jaringan peer to peer. Semoga artikel ini bermanfaaat, jangan lupa untuk memberi komentar atau boleh juga share artikel ini ke orang-orang terdekat anda. Jangan lupa pula untuk membaca artikel Technoethnic lainnya. 
    SUMBER :https://technoethnic.blogspot.com
     
    Namun, jika kalian ingin membuat sendiri kabel UtP RJ45. Technoethnic telah share tutorial cara memasang RJ45 dalam artikel Perbedaan Kael Straight dan Crossover. Silahkan kalian baca artikel tersebut untuk lebih memahaminya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JENIS JENIS KEAMANAN WIFI

KOMJAR